1001 – Destinasi Wisata Kota Tua di Langit Jakarta Paling Populer Sepanjang Masa

Pada artikel ini kami ingin menginformasikan sederet tempat wisata kota tua Jakarta yang paling populer. Tidak hanya itu, kami juga akan menginformasikan nama-nama objek wisatanya, lokasi atau alamat, tarif tiket masuk, daya tarik, jam buka, kuliner dan sebagainya. Sebagimana kita tahu, hingga saat ini wisata kota tua sangat bernuansa sejarah sehingga diminati banyak orang.

Kalau monas dan ancol tentu anda sudah mengetahui, tetapi kawasan kota tua mungkin tidak sefamiliar dua tempat wisata di atas. Meski demikian, soal karisma dan nila di dalamnya, kota tua tak kalah bobotnya untuk dijadikan destinasi liburanmu tahun ini, telebih lagi bagi para pecinta sejarah.

Terutama pada bangunan klasik kolonial belanda yang masih terjaga dengan baik, kota tua memiliki daya tarik tersendiri, pemandangannya sangat bagus. Menyambangi setiap sudut kota ini serasa anda sedang hadir dalam peristiwa-peristiwa masa lalu. Ada jendela kuno, sepeda ontel, genting kuno dan sejenisnya menambah kekuatan visualisasi anda akan masa silam.

READ :  Pulau Harapan Kepulauan Seribu DKI Jakarta

Daftar Tempat Pemandangan Bagus di Kota Tua Jakarta Paling Populer Sepanjang Masa

Umumnya orang-orang yang berkunjung ke sini ingin berfoto dengan latar bangunan kuno sehingga kesannya pun sangat unik dan berkarakter. Apalagi di waktu sore dan pagi, anglenya lebih berbeda. Jika diperhatikan, pengunjunya pun dari berbagai kalangan baik remaja, pemuda, orang tua, lokal dan sebagainya. Pokoknya pavorit banget.

Langsung aja ya, ini dia daftar wisata kota tua terbaru dan paling ngehits.

1. Toko Merah 

wisata kota tua jakarta

toko merah kota tua

Dear good people, toko merah merupakan bangunan tertua di kota tua Jakarta. Bangun ini di bangun ratusan tahun yang silam yakni sekitar tahun 1730. Makanya jika anda berkunjung ke wisata kota tua, rasanya belum lengkap kalau belum selfie di dinding bangunan merah ini. Dahulu toko ini pernah menjadi milik pedagang China.

READ :  Liburan ke Pondok Indah Waterpark JAKARTA 2019

2. Museum Fatahillah 

wisata kota tua jakarta

museum fatahillah

Nama resmi Museum Fatahillah adalah Museum Sejarah Jakarta. Lokasinya berada di Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Penyebutan museum fatahillah mungkin karena lokasinya yang berada di jalan Fatahillah. Perlu di ketahui, museum fatahillah adalah ikon kota tua Jakarta. Buktinya hampir semua foto tentang kota tua senantiasa menggunakan latar museum fatahillah.

Di museum yang arsitekturnya mirip dengan istana Dam di Belanda ini terdapat beberapa ruang bersejarah seperti ruang pengadilan, ruang penjara yang berada di bawah tanah dan lain-lain. Ruangan ini mengalami perbaikan tetapi tetap memiliki nuansa masa lampau yang bikin kamu benar-benar tercengangkan.

Sesuatu yang jangan sampai terlupa saat kesini adalah menyambangi bagian belakang museum. Di sini kamu akan menemukan aneka prasasti nisan milik orang Belanda. Suasana yang serba kuno ini akan membawa anda menembus ke ratusan tahun silam. Apalagi ketika melewati Meriam Sijagur yang terkenal ini, bulu kuduk anda bener-benar akan merinding.

Harga Tiket Masuk Rp. 5000
Jam Operasional : 09.00 sd 15.00 WIB

READ :  Pulau Harapan Kepulauan Seribu DKI Jakarta

3. Taman Fatahillah 

wisata kota tua jakarta

taman fatahillah

Taman yang dahulunya sangat luas ini merupakan sebuah lapangan di Kawasan Kota Tua. Terdapat beberapa objek sejarah di sekelilingnya seperti museum wayang, kantor pos kota, museum fatahillah, museum seni rupa dan kramik. Penamaan Taman Fatahillah sendiri tiada lain untuk mengenang sang perebut Sunda Kelapa dari portugis, yakni Fatahillah.

Tempat ini biasa dijadikan moment ngabuburit bagi para pengunjung setempat saat bulan suci Ramadhan. Dengan bersantai bersama teman atau keluarga, mereka menghabiskan waktu sembari menunggu waktu buka puasa.

Tidak hanya bulan puasa, bulan biasa pun taman ini ramai oleh para pelancong. Sekedar untuk berfoto atau untuk menikmati suasana sejarah, tempat ini memang penuh dengan nilai. Jangan lupa, di sini juga anda bisa menyewa sepeda cantik seharga Rp. 20.000, lengkap dengan topi cantiknya.

4. Cafe Batavia

wisata kota tua jakarta

cafe batavia

Seperti yang selalu kami katakan, berwisata erat kaitannya dengan kuliner. Nah, pun dengan wisata kota tua. Selain bangunan bersejarah dan lain sebagainya, di kota tua juga terdapat café yang cukup terkenal yaitu Café Batavia. Lokasinya berada di depan museum Fatahillah tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara no No.14, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Jam buka Cafe Batavia : Senin sd Jumat jam 08.00 WIB – 01.00 WIB (Weekday) dan 08.00 sd 02.00 (Weekend).

Adapun harga makanan dan minuman di café ini kira-kira berkisar Rp. 32.000,- s/d Rp.135.000,- untuk appetizer (makanan pembuka) dan Rp.25.000,- sd Rp. 200.000,- untuk dessert (makanan penutup). Gimana mau nyoba vroh? 

5. Rumah Akar 

wisata kota tua jakarta

rumah akar

Rumah akar adalah rumah tua khas Belanda yang tak berpenghuni. Dinamakan rumah akar karena rumah tua ini ditumbuhi pohon-pohon yang akarnya memenuhi rumah. Mulanya, rumah ini berfungsi sebagai gudang, tetapi terjadi sebuah kejadian yang tidak biasa, akar-akar pohon terus merambat dan memenuhi rumah.

Harga Tiket Masuk Rumah Akar Kota Tua

Untuk bisa mengakses Rumah Akar, anda harus mengeluarkan uang sebesasr Rp. 100.000 per jamnya. Upayakan datang kesini sebelum sore, sebab cahaya di rumah ini sangat minim sehingga nanti kurang seru untuk berfoto. Jika ada event tertentu, kadang rumah ini dibuka secara gratis.

READ : Destinasi Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

6. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

wisata kota tua jakarta

stasiun kota

Nah kalau yang satu ini tentu anda sudah mengenal, ya stasiun kota dikenal juga dengan sebutan stasiun Boes. Stasiun wisata kota tua ini juga termasuk bangunan kuno yakni penginggalan Belanda. Kira-kira dibangun sejak tahun 1870 dan termasuk cagar budaya. Saya rasa anda pernah ke stasiun ini jika pernah naik kereta. hehe

7. Jembatan Kota Intan 

wisata kota tua jakarta

jembatan intan

Jembatan Kota Intan merupakan jembatan tertua di Indonesia. Jembatan ini dibangun oleh pemerintahan VOC pada tahun 1628. Lokasinya berada di Pademangan RT.8/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Tepatnya berada di ujung utara Jl. Kali Besar Barat dan Jl. Kali Besar Timur.

Tempat ini sangat berkharisma, boleh dikata belum lengkap rasanya jika menyusuri kota tua tapi belum ke tempat ini. Warna merah gelap serta bangunan arsitekturnya yang unik membuat tempat ini sangat favorit untuk selfie or welfie. Silahkan anda list wisata kota tua ini untuk dijadikan destinasi liburan pekan ini.

READ : Daftar Lengkap Wisata Alam di Jakarta

8. Museum Wayang 

wisata kota tua jakarta

museum wayang

Perlu kita ketahui bahwa di tempat wisata kota tua Jakarta, setidaknya terdapat 5 museum di sekitarnya. Sebagiannya telah kita sebutkan di atas, nah kali ini ada juga Museum Wayang. Museum ini termasuk tempat yang keren untuk dikunjungi. Letaknya berada di Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Tamansari, Pinangsia, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat.

Sebagaimana namanya, museum ini menyimpan berbagai koleksi wayang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara. Total koleksinya kira-kira mencapai empat ribu wayang yang dipajang di etalase museum. Museum ini bagus bahkan tak kalah uniknya dari museum Topeng dan museum Setiadarma yang ada di Bali. Museum dibuka jam 08.00 – 17.00.

READ : Destinasi Wisata Kepulauan Seribu Jakarta

9. Museum Seni Rupa dan Keramik 

wisata kota tua jakarta

museum seni rupa dan kramik

Masih berada di sekitar Kota Tua Jakarta, museum ini juga tak kalah menarik dari museum yang lain. Lokasinya berada di Jl Pos Kota No 2, wilayah Jakarta Barat. Jam operasional museum mulau dibuka pada pukul 08.00 – 15.00 WIB. Adapun harga tiket masuknya hanya sekitar 5 ribu per orang.

Berbeda dengan museum sebelumnya, museum ini menyajikan berbagai koleksi keramik dan seni rupa lainnya yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia dan mancanegara. Bagi anda para pencinta seni, di tempat ini anda bisa belajar tentang perkembangan kesenian di Indonesia dari masa ke masa.

Di dalamnya terdapat 500 an karya seni rupa yang berbeda, seperti sketsa dan batik tulis, grafis, patung, lukisan dan lain-lain. Yang paling keren dari sekian banyak koleksi karya seni adalah lukisan ‘Pengantin Revolusi’ karya Hendra Gunawan dan lukisan ‘Bupati Cianjur’ karya Raden Shaleh serta lukisan ‘Potret Diri’ karya Affandi.

10. Museum Bahari 

wisata kota tua jakarta

museum bahari

Museum ini menampilkan Matra TNI AL dari masa ke masa. Berbagai kapal dari berbagai daerah sabang sampai merauke juga disimpan apik di sini. Oya, jangan lupa di sini juga ada sebuah Menara Syahbandar yang lokasinya sekitar 50 meter sebelum museum bahari. Menara ini dahulunya gigunakan untuk memantau masuk keluarnya kapal-kapal Batavia.

Harga Tiket dan Jam Operasional Museum Bahari

Museum ini dibuka setiap hari selasa sampai Minggu jam 09.00 sd 15.00 WIB. Sementara harga tiketnya anda tak perlu khawatir, cukup bayar Rp. 2000 saja. Tapi saya ndak tahu sekarang naik atau belum. Hehe

Demikian sekelumit tentang destinasi wisata kota tua Jakarta. Semoga tempat-tempat ini dapat anda kunjungi agar dapat menambah wawasan anda dalam konteks sejarah. Tidak hanya itu, tentu tempat-tempat ini juga memiliki keindahan tersendiri yang layak dijadikan tempat berselfie. Wkwkw

BACA JUGA:

DAFTAR WISATA EDUKASI DI JAKARTA TERBARU

1001 Pesona Resort di Atas Laut Pulau Ayer Pulau Seribu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.