Kawah Ijen Tour, Tiket, Rute, Dokumentasi, Lengkap 2019

Kawah Ijen Tour merupakan program favorit bagi hampir setiap traveler. Pasalnya kawah ijen yang tak lain gunung ijen itu sendiri memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan kawah lainnya. Secara geografi, kawasan gunung ini masuk dalam dua lokasi yaitu kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi.

Karena gunung berapi ini masih aktif, aktifitas kawah pun mampu memproduksi belerang yang sangat banyak. Disinyalir, kawah ijen mampu memproduksi 36 juta kubik belerang dan hydrogen klorida dengan luas 5.566 hektar. Jika sobat berada di kawah ijen, sobat akan menyaksikan para penambang yang membawa blerang di atas punggung mereka.

Meski demikian berbahaya, tetapi kawah ijen ini memiliki keunikan yang amat luar biasa. Yaitu, kawah ini memiliki warna hijau toska sehingga para traveler sangat menyukainya. Tak heran jika para pelancong dari berbagai daerah dalam dan luar negeri pun turut kepo menyaksikan kawah ijen ini.

Rute Menuju Kawah Ijen Bondowoso

kawah ijen bondowoso

keindahan kawah ijen

Sementara itu, selain kawah ijen yang menjadi buruan para wisatawan, sobat juga bisa berpetualangan mencapai puncak gunung ijen. Untuk menjangkaunya, sobat bisa memilih salah satu dari duak akses yaitu utara dan selatan. Jika memilih lewat utara, berarti sobat memilih jalur Situbondo –sempol – Paltuding yang jaraknya sekitar 93 km dengan durasi 2,5 jam perjalanan.

Semenetara jika sobat memilih arah selatan, berarti sobat melalui jalur Banyuwangi – Licin yang jaraknya sekitar 15 KM. lalu dari Licin menuju Paltudin menggunakan mobil jeep, jaraknya sekitar 6 KM . di areal ini, sobat akan melewati jalanan berliku, menanjak dan buat lelah badan sobat.

BACA : Keindahan Pantai Tampora Situbondo

Keunikan Kawah Ijen Bondowoso

kawah ijen bondowoso

blue fire

Seperti yang kami katakan, keunikan kawah ijen ini terletak pada blue fire atau lava biru yang dimilikinya. Lava biru ini senantiasa menjadi daya tarik tersendiri di kalangan traveler. Karena itu, meski akses menuju kawah ini teramat sulit lantaran perjalanan yang jauh, berkelok, terjal dan melelahkan, hal itu tak membuat travler pantang surut.

Untuk mengetahui bagaimana keindahan blue fire yang ada di kawah ijen, berikut ini dokumentasi gambar kawah ijen yang paling mempesona :

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

Jalur mana yang Lebih Baik, Bondowoso atau Banyuwangi?

Sebagaimana yang kami sampaikan di atas, kawah ijen dapat di akses melalui dua jalur yaitu Bondowoso dan Banyuwangi. Hal ini karena gunung ijen terletak di dua kabupaten tersebut. Jika sobat berada di malang, maka rutenya adalah melalui Bondowoso. Tetapi rute melalui jalur ini memakan durasi waktu yang lumayang lama.

Berbeda halnya dengan jalur Banyuwangi – Licin, meski tracknya sangat jelek, banyak lubang, berkelok-kelok dan menanjak, tetapi jarak tempuhnya lebih singkat yaitu sekitar satu jam. Jadi sobat bisa pertimbangkan mana jalan terbaik, ya. menurut min sih jalur Bondowoso aja, meskipun lama tetapi bisa sambil menikmati keindahan alam.

BACA : Keindahan Pantai Tampora Situbondo

Harga Tiket Masuk Kawah Ijen Terbaru 2019

kawah ijen bondowoso

gerbang kawah ijen

Oya, perlu sobat ketahui bahwa tahun baru 2019 ini tiket menuju gunung ijen dijual secara online. Meski demikian, sobat juga bisa membeli secara manual di Paltuding yang merupakan gerbang utama menuju pendakian. Hanya saja, di Paltuding ini hanya disediakan 100 tiket sebagai antisipasi bagi pengunjung yang belum mengetahui. Jika kehabisan, sobat harus menunggu di hari lain.

Selain itu, pengelola kawah ijen juga membuat aturan baru yaitu adanya hari libur (tutup) pada hari Jum’at di minggu pertama setiap bulan. Hal ini dilakukan agar gunung ijen dapat beristirahat sehingga kerusakan alam dapat dihindari. Terlebih pada tahun baru atau liburan-liburan nasional, pengunjung bisa mencapai 2 ribuan per hari.

HTM Kawah Ijen

Weekday Rp. 5000 (pengunjung lokal)
Weekend Rp. 7500 (pengunjung lokal)

Weekday Rp. 100.000 (tourist asing)
Weekend Rp. 150.000 (touris asing)

Asal-Usul dan Penyebab Lava Kawah Ijen Berwarna Biru (Hijau Toska)

kawah ijen bondowoso

api biru di kawah ijen

Blue fire yang terjadi pada gunung berapi sangat langka. Sebab pada umumnya gunung berapi hanya mengeluarkan lahar merah. Tetapi khususu di kawah ijen ini, lavanya berwarna biru sehingga menjadi view favorit di kalangan fotografer dunia.

Mengapa warnanya biru? Usut punya usut, ternyata disebabkan oleh takanan gas belerang yang sangat tinggi sehingga ketika gas belerang terpapar lava dan membakar oksigen, warna apainya menjadi biru dengan suhu lebih dari 600 derajat celcius.

Untuk lebih memvisualisasikannya, berikut ini beberapa gambar kawah ijen yang min kumpulkan dari berbagai sumber, dan merupakan hasil jepretan para traveler dan fotografer baik kelas pemula atau pun kelas dewa. Hiks.

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

kawah ijen bondowoso

BACA JUGA :

Pantai Merah Banyuwangi, Tiket, Lokasi, Fasilitas, Rute, Lengkap 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.