Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Perbanyaklah Amal Kebaikan

Dear pengunjung, agar dapat menikmati situs ini harap matikan Adblock anda!

img

7 Tempat Wisata di Martapura yang Instagramable

/
/
/
82 Views

Tempat Wisata di Martapura – Hai, dears, sudah berlibur kemana saja tahun 2018 ini? Sudah ada rencana berkunjung ke kota Intan? Jika belum ada rencana, baiknya kota ini masuk dalam daftar rencana liburan anda, dears. Pemandangan alam disini sangat cocok untuk anda yang mencari tempat instagramable. Yuk, kita simak bersama ada apa saja di kota Intan, Martapura, Kalimantan Selatan.

Daftar Tempat Wisata di Martapura

Martapura adalah kota penghasil intan terbesar di Indonesia. Tidak hanya menyimpan kekayaan alam berupa intan yang sangat berharga, keindahan alam Martapura pun gemerlapnya tak kalah bersinar dibandingkan intan yang dikandung di dalamnya. Martapura terletak di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Banyak sekali pilihan wisata yang dapat anda kunjungi, dears. Dan ini hasil eksplorasi kami terkait keindahan alam disana.

1. Bukit Matang Kaladan

tempat wisata di martapura
Bukit Matang Kaladan

Bukit Matang Kaladan disebut juga Bukit Tiwingan. Lokasinya di Riam Kanan, dekat dengan Kota Banjarbaru, tepatnya berada di samping Pelabuhan Tiwingan. Tempat ini masih baru, sehingga harganya masih sangat murah. Ketika anda tiba di pos penjaga, maka setiap orang akan dikenai pungutan tidak resmi Rp. 3000,- yang mereka gunakan untuk membantu masyarakat sekitar dalam membenahi kondisi kampung mereka.

Anda akan mendapatkan track perjalanan berupa jalan setapak yang menanjak, dears. Karena anda berada di jalur perbukitan. Perjalanannya cukup seru, apalagi jika anda datang di musim kemarau. Udara yang panas membuat tantangan tersendiri bagi anda pecinta traveling. Di musim kemarau, anda perlu membawa bekal minuman yang cukup agar tidak dehidrasi karena lelah dan kepanasan.

Anda membutuhkan waktu sekitar 30 menit (jika berjalan santai) untuk sampai di puncak bukit. Sesampainya di puncak, anda akan dibuat terkagum-kagum dengan pemandangan eksotik dari puncak atas. Pemandangan indah yang anda temui diantaranya adalah view Waduk Riam Kanan, delta-delta yang tampak seperti pulau kecil sehingga tampak seperti Raja Ampat di Kalimantan.

Anda juga bisa berkemah di kawasan bukit ini, dears. Jika anda datang di pagi hari atau siang hari, anda akan menjumpai bekas-bekas kayu api unggun di atas bukit. Oya, untuk perjalanan menuruni bukit, anda akan merasakan perjalanan yang lebih berat, dears. Berhati-hatilah, karena jalanan setapak tersebut berdebu dan terasa licin. Pelan-pelan saja, jangan terburu-buru untuk bisa sampai di kaki bukit.

READ : Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Lagi Ngehits

2. Waduk Riam Kanan

tempat wisata di martapura
Waduk Riam Kanan

Anda mau mencari tempat yang instagramable di Martapura, dears? Datanglah ke waduk Riamkanan. Banyak spot foto dan background yang indah untuk anda berselfie yang bisa anda temukan disana. Oya, oleh pemda setempat, waduk ini dijadikan cagar alam untuk warga sekitar.

Tidak jauh dari waduk ini, terdapat danau wisata bernama Danau Wisata Riam Kanan. Jika anda mau menuju ke danau, maka anda harus berkendara dulu ke pelabuhan kelotok yang berada di Jl. Ir. Pangeran M. Noor, Desa Tiwingan Baru, Aranio, Martapura. Danau ini airnya berwarna hijau, dikelilingi perbukitan dan desa dengan panorama alam yang asri.

Di tengah-tengah danau, tampak pondok-pondok kayu terapung yang disekitarnya terdapat jala-jala para nelayan. Jala itu sengaja disebar untuk menangkap ikan yang hidup di danau tersebut. Jika anda mau berenang atau menyelam ternyata juga bisa, dears. Namun, anda harus membawa sendiri peralatan untuk pengaman menyelam.

3. Alun Alun Ratu Zalecha

tempat wisata di martapura
Alun Alun Ratu Zalecha

Berlibur ke Martapura, rasanya kurang lengkap jika anda tidak berkunjung ke Alun-alun Ratu Zalecha, dears. Alun-alun ini dibuat oleh pemerintah setempat untuk tempat warga bersantai sambil menikmati taman yang indah. Di tempat ini, biasanya diselenggarakan berbagai acara tingkat kabupaten Banjar, diantaranya adalah perlombaan dan pameran.

Nama alun-alun Zalecha disematkan menjadi nama karena dulu tempat ini adalah tempat berdiri RS. Ratu Zalecha. Sekarang rumah sakit Zalecha pindah di tempat yang lain, dan akhirnya tempat tersebut dijadikan alun-alun untuk tempat warga bersantai. Pengunjungnya banyak di sore hari. Lokasinya bersebelahan dengan Taman Cahaya Bumi Selamat yang suasananya cukup rindang.

Di salah satu sisi alun-alun tersebut, terdapat tulisan Prasasti Intan Martapura. Anda dapat berfoto dekat tulisan ini, sebagai tanda bukti bahwa anda pernah mengunjungi alun-alun Zalecha di Martapura.

READ : Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Lagi Ngehits

4. Hutan Pinus Mentaos I

tempat wisata di martapura
Hutan Pinus Mentaos I

Dears, lengkapi kebahagiaan berlibur anda di Martapura dengan berkunjung ke Hutan Pinus Mentaos I. Disini anda akan mendapatkan tempat yang instagramable sekali di Martapura. Ajaklah orang-orang kesayangan anda untuk berfoto-foto di sekitar hutan pinus yang sejuk dan asri ini. Lokasinya di Jalan Suriansyah Ujung, Mentaos, Banjarbaru Utara, Loktabat Utara, Banjar.

5. Bangku Kasmaran Lamunan

tempat wisata di martapura
Bangku Kasmaran Lamunan

Dears, rasakan keindahan alam Martapura dari puncak bukit, yuk. Caranya, berkunjunglah ke Bangku Kasmaran Lamunan. Tempat ini menjadi objek wisata favorit di Martapura. Dari puncak bukit, anda dapat menikmati pesona alam yang ada di Martapura. Rasakan eksotisnya alam pulau Intan ini, jangan lupa untuk berselfie sebagai kenangan indah anda yang tak terlupakan.

READ : Wisata Pantai Balikpapan yang Lagi Heboh

6. Bukit Patrabulu

tempat wisata di martapura
Bukit Patrabulu

Bukit Patrabulu ini adalah tempat yang tak kalah indah dengan Bangku Kasmaran Lamunan. Pagi dan siang harinya, anda dapat melihat keindahan alam Martapura dari atas bukit. Pesona alam Martapura akan lebih tampak mempesona, jika anda berkunjung ke bukit ini di waktu malam hari. Berkunjunglah bersama orang kesayangan anda, selain dapat menikmati keindahan alamnya, anda pun akan merasakan suasana romantis apalagi jika berkunjung bersama orang kesayangan anda.

7. Pasar Intan Martapura

tempat wisata di martapura
Pasar Intan Martapura

Berlibur ke Martapura, jangan lewatkan berkunjung ke Pasar Intan Martapura. Disini anada dapat belanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Anda dapat membeli intan dengan harga terjangkau, dears. Mata anda akan dimanjakan dengan berbagai pilihan intan yang menarik dan mempersona.

Pasar Intan berlokasi di Jl. Ahmad Yani, Banjar, Kalimantan Selatan. Pada week day, pengunjung pasar ini bisa mencapai 10.000 orang pengunjung. Pada weekend, dipadati sampai 20.000 pengunjung. Luar biasa banyak sekali peminatnya. Terdapat 87 toko intan didalamnya yang terbagi menjadi empat blok pasar.

Jangan khawatir, tempat parkirnya mampu menampung lebih dari 380 mobil. Jika tidak kebagian, anda dapat parkir di Masjid Al-Mukaromah yang lokasinya dekat dengan pasar. Selain berjual beli intan, ternyata di pasar ini anda juga bisa menemukan tempat untuk penggosokan batu intan secara tradisional.

READ : Wisata Pantai Balikpapan yang Lagi Heboh

Batu intan yang diperjualbelikan disini sudah diproses menjadi bentuk perhiasan, dears. Harganya tergantung dari keunikan atau kelangkaan jenis batu intannya, ada yang puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Intan yang dibeli disini seharga Rp. 20.000, bisa dijual kembali di wilayah Jawa dengan harga Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 100.000,-. Menguntungkan sekali ya,dears.

Jadi, anda dapat melakukan traveling sekaligus berbisnis juga. Tapi jangan lupa, anda perlu memperhatikan keaslian intan menggunakan alat yang dimiliki oleh semua penjual di pasar ini. Jangan membeli hanya bermodal kepercayaan saja.

Baca Pula Info Ini : 

10 Tempat Wisata di Kalimantan: Indah, Seru dan Menantang Adrenalin!!!!

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

2 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar