Tempat Wisata di Papua Paling Indah Bagaikan ‘Surga’ [2019]

Meski diujung timur, Wisata di Papua merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi. Pemandangan yang indah nan mempesona ini membuat tourist dalam dan luar negeri senantiasa menghabiskan waktu di tempat ini. bagaimana tidak, alam bawah dan atas lautnya benar-benar seperti surga yang mengagumkan. Emang udah tahu surge ya..hehe.

Belum lagi wisata pegunungan seperti gunung Jaya Wijaya, sungguh, kita akan dibuat terpana dan takjub kepada Sang Maha Pencipta alam raya ini. tidak ketinggalan juga soal wisata budaya, sobat sekalian akan mendapat banyak wawasan tentangnya. Lantas, apa saja daftar tempat wisata terfavorit di wilayah Papua, cekidot :

1. Raja Ampat | Wisata Favorit di Papua

wisata papua

Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terletak di pulau Papua bagian barat. Raja Ampat ini memiliki perairan yang mempesona. Terbukti, aktifitas bawah lautnya seperti diving termasuk tempat terbaik di dunia. Ada sekitar 450 jenis karang keras, 700 jenis moluska, 1000 jenis ikan karang dan lain-lain. So, jika sobat melakukan aktifitas menyelam di sini, sobat bakal dibuat terpana.

Umumnya terumbu karang di Raja Ampat adalah terumbu karang tepi yang konturnya curam dan landai. Ada juga tipe atol dan taka atau gosong. Di daerah seperti kampung Saondarek, sobat bisa menyaksikan terumbu karang ketika air surut. Jadi, tak perlu melakukan diving pun sobat bisa menikmati pemandangan terumbunya.

Selain terumbu karang, sobat juga bisa menyaksikan berbagai spesies di sini, misalnya ikan pari manta, wobbegong, kuda laut katai, ikan endemik, dan lain sebagainya. Di daerah Manta point, sobat bisa melakukan aktifitas menyelam sembari ditemani ikan Pari Manta yang jinak. Bisa dibayangkan tuh, ngeri-ngeri sedap begitu. Hehe. Pokoknya recommended deh ke Raja Ampat.

BACA : Wisata Eksotis Pantai Munah

2. Danau Sentani | Wisata Terkenal di Papua

wisata papua

Danau Sentani

Tempat wisata berikutnya yang harus sobat kunjungi adalah danau sentani. Tempat ini merupakan danau yang terletak di bawah lereng pegunungan Cyclops yang memiliki luas sekitar 245 ribu heketar. Danau sentani memiliki keindahan yang alami sehingga bisa bikin sobat bermanja-manja dengan jepretan kameranya.

Apalagi lokasi danau ini gampang diakses oleh siapa pun. Makanya, festival danau pun kerap kali diadakan terutama pada bulan juni di setiap tahun. Pada even ini sobat akan disuguhkan dengan tarian-tarian papua di atas perahu, sobat juga dapat menyaksikan upacara adat, sajian kuliner dan lain-lain. Seru banget kan?

Selain view alam, sobat juga bisa menyaksikan 30 spesies ikan tawar termasuk ikan gabus, ikan pelangi, ikan pelangi merah dan ikan hiu. Di samping itu, lokasi danau sentani juga menawarkan wisata berenang, menyelam, memancing, bersampan, ski air dan sajian kuliner.

BACA : Festival Danau Sentani Selalu Dinanti Wisatawan

3. Taman Nasional Lorenzt (TNL) | Wisata Recommended di Papua

wisata papua

Taman Nasional Lorenzt

Taman Nasional Lorenz yang ada di provinsi Papua ini memiliki luas sekitar 22 juta hekter. Taman ini merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Kawasan ini juga memiliki glister yang terbentang di puncak gunung dengan ketinggian 5.030 mdpl. Tentu saja, taman ini memiliki banyak flora dan fauna yang menarik untuk diketahui.

Setidaknya ada 630 an jenis burung, 123 jenis mamalia, dan sekian jenis tumbuh-tumbuhan. Karena itu, tempat ini sangat recommended banget untuk sobat kunjungi. Silahkan sobat sambangi melalui penerbangan Perintis jika melalui Timika ke bagian utara dan silahkan menggunakan kapal laut jika ke bagian selatan via pelabuhan Sawa Erma.

4. Teluk Triton | Wisata Insagramable di Papua

wisata papua

Teluk Triton

Teluk Triton termasuk teluk yang penting untuk sobat kunjungi. Teluk ini berada di kabupaten Kaimana, Papua. Di teluk ini terdapat keindahan alam dan karakteristik budaya setempat. Dengan rentetan pulau kecil berbatu dan air yang jernih, teluk ini benar-benar menakjubkan. Terutama pada senja hari, tempat ini biasa diburu para wisatawan untuk membidik sunset.

Karena keindahannya itu, teluk ini dijuluki sebgai tempat “The Fish Empire” atau “The Lost Paradise”. Lagi-lagi, selain pemandangan alam yang menakjubkan, sobat juga bisa menyaksikan sekitar 900an spesies ikan laut dan 400an jenis terumbu karang. Hebatnya lagi, terumbu karang di sini tidak akan sobat temukan di tempat lain.

BACA : Cara Menuju Teluk Triton 2019

5. Lembah Baliem | Cocok untuk Wisata Para Pendaki

wisata papua

Lembah Baliem

Lembah Baliem adalah sebuah lembah yang ada di pegununungan jayawijaya. Lembah yang dikelilingi pegunungan ini sangat eksotis karena alamnya masih alami. Suasananya juga sangat fresh, apalagi suhu di malam hari mencapati 10-15 derajat celcius. Tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi traveler yang tidak terbiasa menghadapi medan curam dengan suhu segitu.

Lembah Balieum dikenal juga dengan nama grand baliem valley yang didiami oleh sebuah suku Dani, 27 km dari Wamena. Selain itu, kawasan ini juga ditinggali oleh suku-suku lain yang bertetangga seperti suku Lani dan suku Yali.

Festival Lembah Baliem

Ada satu fenomena menarik yang bakal sobat saksikan jika sobat berkunjung ke sini pada 17 Agustus, yaitu festival lembah baliem yang menyuguhkan kepada sobat sebuah perang antar suku Yali, Lani dan Dani. Peperangan ini digelar sebagai wujud syukur atas kesejahteraan yang mereka rasakan.

6. Taman Nasional Teluk Cendrawasih (TNTC)

wisata papua

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Sebagaimana taman nasional lainnya, teluk Cendrawasih juga menyimpan seribu satu jenis flora dan fauna baik yang dilindunguni maupun tidak. Keberagaman fauna tersebut misalnya terdapat 200 spesies terumbu karang, 209 jenis ikan, 196 moluska, 5 jenis reptile, 3 jenis mamalia air, burung dan lain-lain. Tentu saja, banyaknya fauna ini menjadi daya tarik tersendiri di kalangan traveler pecinta bintatang dan tumbuh-tumbuhan.

Keunikan lain yang ada di TNTC (Taman nasional teluk cendrawasih) yaitu adanya duyung, lumba-lumba leher botol, ikan akaktua besar, ketam kelapa, parai rajawali totol, hiu reef whitetip, pari manta, paus biru dan buaya muara. Sementara jenis penyu yang bisa sobat jumpai di sini misalnya penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing yang sedikit menyeramkan itu.

BACA : Keindahan Pulau Semau NTT ini Bagaikan ‘Surga’

7. Pantai Bosnik | Pantai instagrambale banget di papua

wisata papua

Pantai Bosnik

Bosan dengan pemandangan pegunungan, kini sobat bisa beralih ke wisata pantai yang ada di papua. salah satunya yaitu pantai Bosnik. Sebuah pantai yang indah dan mempesona yang berada di desa Woniki, Biak Timur, Papua. Selain pemandangan sekitar yang memang bikin kamera bermanja-manja, pemandangan bawah laut juga sangat mempesona. Sobat bisa lakukan aktifitas diving di sini.

8. Wisata Desa Sauwandarek | Wisata sosbud di papua

wisata papua

Wisata Desa Sauwandarek

Bukan wisata pegunungan dan pantai, kali ini kita akan beralih ke wisata budaya dan social. Di papua sendiri, sobat bisa cari wisata model ini di desa suwandarek, yaitu sebuah desa yang berada di pulau waisal bagaian barat kab. Raja Ampat, Papua Barat. Hal yang paling mengesankan selama di sini, sobat akan menyaksikan rumah-rumah yang beratap jerami.

Pemandangan adem ini bakal bikin sobat merasakan sensasi lain di antara tempat tempat petualangan sobat. Apalagi di desan ini terdapat sekian cindera mata khas papua yang bisa sobat beli. Misalnya da topi yang dibuat langsung oleh penduduk desa. Begitu juga dengan jenis cindera mata lain, kebanyakan merupakan hasil kreatifitas dari bahan alam.

Demikian sekelumit tempat wisata di papua yang kudu sobat sambangi. Dijamin, rekreasi ke tempat-tempat ini bisa bikin sobat kaya wawasan dan pengalaman terkait social, budaya, kepercayaan dan capture lingkungan. Semoga bermanfaat!

BACA JUGA : 

Daftar Tempat Wisata di NTT (Nusa Tenggara Timur) yang Wajib Kamu Ketahui

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.