Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :
Perbanyaklah Amal Kebaikan

Dear pengunjung, agar dapat menikmati situs ini harap matikan Adblock anda!

img

9 Tempat Wisata Sejarah di Jakarta Paling Penting

/
/
/
57 Views

Wisata Sejarah di Jakarta – Jakarta dikenal sebagai kota 1001 warna yang didalamnya terdapat berbagai suku dari berbagai daerah. Selain itu, Jakarta juga dinilai sebagai ladang tempat merubah nasib sehingga urbanisasi selalu sulit di atasi. Nah, sebagai pusat peradaban Indonesia, Jakarta menyimpang banyak tempat sejarah yang kini hari dijadikan sebagai tempat wisata sejarah.

Di antara sekian banyaknya itu, ada beberapa tempat yang cukup terkenal. Oleh sebab itu, melalui tulisan sederhana ini, tim daarulaman ingin memberitahukan kepada sobat sekalian terkait daftar tempat wisata sejarah di Jakarta yang paling populer. dengan begitu, sobat bisa mengunjunginya satu persatu. Baiklah, ini dia list wisata sejarah Jakarta yang penting sekaligus twitterable, facebookable, instagramable plus whatsappable.

1. Monumen Nasional (Monas) | Wisata Malam Jakarta 2018

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
monas

Monas bukan saja icon Jakarta, tetapi Indonesia secara keseluruhan. Berada di jantung Ibu kota, Monas memiliki nilai tersendiri yang patut diketahui. Kalau sobat masuk kedalamnya, nanti akan berjumpa dengan rentetan gambar-gambar bersejarah selama proses kemerdekaan Indonesia dan pasca kemerdakaan.

Lalu ketika sobat menaiki menaranya hingga puncak, nanti sobat dapat menyaksikan Jakarta dari ketinggian. waw…sepanjang mata memandang, begitulah penampakan Jakarta. Perlu sobat ketahui, wisata Monas bukan saja bertumpu pada Menara, melainkan di sekitaran monas pun bisa jadi tempat instagramable. Pepohonan, taman, tempat berolah raga, cumplit.

Oleh sebab itu, kita rekomendasikan banget agar sobat sekalian bisa mengunjungi monas. Hanya saja, perlu sobat ketahui juga bahwa di monas ini selalu ramai sehingga sobat perlu mencari moment-moment yang agak longgar. Misalnya waktu hari kerja. Umumnya lebih longgar.

Cara menuju monas dan harga tiket terbaru

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
bagian cawan monas

Untuk bisa sampai di monas, silahkan sobat googling aja ya. hehe. Tetapi intinya sobat datangi Jakarta, turun di stasiun Gambir jika naik kereta atau turun di pintu monas jika sobat naik gojek. Jika naik kendaraan pribadi, motor atau mobil, sobat bisa parkir di IRTI. Lalu masuk ke gerbang lapangan monas. Udah gitu ajah.

Nah, jika sobat ingin naik Menara, silahkan sobat dekati terlebih dahulu Menara tersebut lalu cari tempat masuk melalui bawah tanah, sebab hanya pintu ini yang bisa akses ke Menara. Adapun harganya, saat min masuk masih Rp. 20.000 menggunakan kartu Jakarta. Kalau belum punya kartu, nanti sobat diminta bikin dulu di kasir juga. Gampang lah.

Setelah selesai urus karcis, nanti sobat akan berjalan melewati lorong bawah tanah hingga sampai di bawah Menara monas. Masuk kedalam dan saksikan berbagai gambar sejarah di dalamnya. jika ingin mencari mushola, sobat bisa lakukan di ujung parkiran Irti. di sana ada masjid kecil lengkap dengan toilet dan tempat wudhu.

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
pintu keluar monas

Alamat :
Gambir, DKI Jakarta – Indonesia
Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 20.000,-
Anak anak : Rp. 10.000,-
Jam Buka : 09.00 – 16.00 WIB

2. Masjid Istiqlal, masjid terbesar se-Asia Tenggara

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
masjid istiqlal

Masjid Istiqlal didirikan tahun 1961 di jantung Ibu Kota Jakarta. Masjid ini sangat besar dan luas bahkan menjadi masjid terbesar se asia tenggara. Tentu saja, besar dan luasnya masjid ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Selain wisata sejarah, menungjungi masjid istiqlal juga menjadi wisata religi yang sangat direkomendasikan.

Min kasih saran, jika sobat mengunjungi monas, sebaiknya sobat juga mengunjungi masjid istiqlal karena jaraknya sangat berdekatan. Selain itu, Istiqlal juga jadi tempat proses belajar agama yang dilakukan di serambi-serambi masjid terutama di lantai dua alias halaman tempat shalat.

Untuk masuk ke Istiqlal, tak ada biaya tiket. Hehe. Iyalah orang masjid tempat shalat masa pake karcis. Hikshiks. Perlu sobat ketahui, masuk istiqlal bisa pintu mana saja, sebab di sini ada banyak pintu yang namanya menggunakan bahasa arab, misalnya pintu baabussalam. Ada beberapa dokumentasi minta selama mengunjungi masjid ini, cekidot.

3. Museum Nasional Indonesia

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indinesia adalah tempat wisata sejarah yang jaraknya masih berdekatan dengan monas. Karena itu, mungkin sobat bisa paketkan tuh wisata monas, istiqlal adan museum nasional ini. di tempat ini sobat bisa menemukan beragam peninggalan sejarah yang sangat penting dari jaman prasejarah hingga masa orba. Museum ini mampu menampung 500 orang.

Alamat :
Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Pusat Kota Jakarta, DKI Jakarta – Indonesia
Harga Tiket :
Rombongan : Rp. 3.000,- (Dewasa) & Rp. 1.000,- (Anak anak)
Perorangan : Rp. 5.000,- (Dewasa) & Rp. 2.000,- (Anak anak)
Wisatawan Mancanegara : Rp. 10.000,-
Jam Buka : 08.00 – 17.00 WIB (libur hari senen)

4. Kota Tua Jakarta | Wisata Malam Jakarta 2018

wisata kota tua jakarta
museum fatahillah

Kota tua Jakarta sangat patut sobat kunjungi. Di samping banyak menyimpan peninggalan sejarah, pemandangan kota tua juga sangat instagramable banget. Beberapa tempat wisata kota tua seperti Museum Fatahillah, toko merah, Pelabuhan Sunda Kelapa, museum seni rupa dan keramik Museum Bank Indonesia. Beberapa tempat pun sangat cocok buat nongkrong.

Di samping itu, ada beberapa kuliner yang bisa sobat nikmati selama di kota tua, misalnya ada café Batavia, ada juga gado-gado, soto, kerak telor dan makanan – makanan lain yang merupakan khas betawi. Hanya saja sobat, jangan heran ya jika harganya bikin alamak. Hehe. Wajar lah, wong di Ibu Kota. Hehe.

Alamat :
Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta – Indonesia

READ : Info Lengkap Wisata Kota Tua Jakarta

5. Museum Bahari

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
Museum Bahari

Apakah sobat termasuk orang yang menyukai dunia perlautan? Jike OKE, sebaiknya sobat kunjungi Museum Bahari yang didalamnya menyimpan sekian koleksi yang berhubungan dengan dunia perlautan dari sabang sampai meraouke bahkan sejak jaman VOC. Berbagai alat kapal, navigasi, teropong, jangkar, Meriam, mersucuar masa lampau ada di sini.

Selain itu, di museum bahari juga sobat akan menjumpai koleksi biota laut dan data lengkap penyebaran ikan di laut Indonesia. Begitu kartografi, maket pulau onrust, tokoh nusantara dan lagu-lagu tradisional masyarakat dapat saksikan di museum ini. recommended untuk dikunjungi pada liburan tahun 2019. Hehe.

Alamat :
Jl. Pasar Ikan No. 1, DKI Jakarta – Indonesia

6. Galangan Kapal VOC

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
Galangan Kapal VOC

Tempat wisata sejarah berikutnya adalah Galangan Kapal VOC. Tempat ini merupakan bangunan yang pernah dijadikan kantor pusat kegiatan dagang VOC, dibangun sekitar tahun 1628. Kapal-kapal besar kala ini biasa diperbaiki di tempat ini sehingga menjadi tempat terpenting dalam proses niaga se asia dan sedunia.

Alamat :
Jl. Kakap No. 1 Kelurahan Penjaringan, DKI Jakarta – Indonesia

READ : Info Lengkap Wisata Kota Tua Jakarta

7. Gedung Kesenian Jakarta

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
Gedung Kesenian Jakarta

Gedung Kesenian Jakarta adalah tempat pertunjukan seni yang merupakan peninggalan pemerintah belanda. Di tempat ini para seniman dari seluruh pelosok nusantara menunjukan kreasinya seperti seni drama, film teater, sastra, dan sejenisnya. Tempat ini juga sangat luas yang kira-kira mencapai 24×17.5 meter dengan kapasitas penonton 475 orang.

Alamat :
Jl. Gedung Kesenian No.1, DKI Jakarta – Indonesia

READ : Wisata Alam Hijau di Jakarta yang Makyus

8. Monumen Proklamator | Wisata Malam Jakarta 2018

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
Monumen Proklamator

Sobat tentunya pernah denegan sang proklamator? Nah, kalau pernah coba sekarang sobat kunjungi monumennya yang dinamai Monumen Proklamator. Alamatnya berada di Jl Pegangsaan Timur no.56 Jakarta Pusat. Dengan mengunjungi tempat ini sobat akan semakin tervisualisasi detik-detik proklamasi. Sebab di sini ada patung mereka yang ditengahnya terdapat naskah kemerdekaan.

Alamat :
Jl. Proklamasi No. 56, DKI Jakarta – Indonesia

9. Museum Seni Rupa dan Keramik

wisata sejarah di jakarta yang paling penting
Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik adalah bangunan yang dulunya dijadikan kantor dewan kehakiman oleh pemerintah belanda. Pada tahun 1990 gedung ini dijadikan museum seni rupa dan keramik yang mengoleksi berbagai seni lukis yang mengagumkan. Selain itu ada juga seni patung seperto totem asmat dan sejenisnya.selain itu ada juga koleksi dari luar negeri seperti keramik Vietnam, Thailand, tiongkok, Jepang dan eropa secara umum.

Alamat :
Jl. Pos Kota No.2, DKI Jakarta – Indonesia

Demikian sejumlah tempat wisata sejarah di Jakarta yang patut sobat kunjungi. Terlebih oleh murid-murid yang cinta sejarah dan kebetulan mau liburan. Jadi outing sekolahnya ke tempat sejarah aja, ya. hehe.

READ : Wisata Edukasi di Jakarta yang Cocok untuk Liburan Sekolah

Pencarian populer lainnya,

tempat wisata di jakarta
wisata jakarta
wisata di jakarta
liburan di jakarta
tempat wisata jakarta
liburan murah di jakarta
tempat liburan murah
tempat rekreasi di jakarta
taman di jakarta
tempat wisata jakarta murah meriah
tempat
tempat liburan di jakarta
wisata alam jakarta
tempat wisata murah
wisata anak di jakarta
tempat wisata anak di jakarta
tempat wisata alam di jakarta
jakarta tempat menarik
wisata murah di jakarta
kota jakarta
wisata murah jakarta
bus wisata jakarta
sejarah jakarta
wisata edukasi di jakarta
tempat wisata di jakarta selatan
tempat wisata murah di jabodetabek
jalan jalan di jakarta
tempat wisata murah di jakarta
tempat bersejarah di jakarta
tempat wisata di jakarta timur

READ :

11 Tempat Wisata Edukasi di Jakarta yang Cocok untuk Liburan Sekolah 2019

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

This div height required for enabling the sticky sidebar